“Family makes Life worth Living”

Sekar Group : "A Family Business to Serve Yours Families."

Bapak Harry Susilo atau Huang Shi Wei lahir pada tahun 1941 dari Ayahnya Tuan Oei You Pien, seorang Nelayan dari Provinsi Fujian, Tiongkok, dan Ibunya Nyonya Tjoe Bie Seng, seorang keturunan Tionghoa Indonesia generasi ketiga. Keluarga Bapak Susilo berasal dari awal yang sederhana dan ketika Bapak Susilo berusia satu tahun, keluarganya pindah ke sebuah rumah kontrakan dengan 4 kamar tidur di kota Sidoarjo, sebuah desa nelayan di Surabaya.

Pada tahun 1965, Ayahnya yang berusia 51 tahun menderita stroke dan tidak dapat bekerja. Bapak Susilo, anak tertua dari dua belas bersaudara, harus mengemban tanggung jawab untuk menghidupi seluruh keluarga, sehingga Bapak Susilo putus sekolah dan memulai karirnya. Pada tahun 1966, seorang teman keluarga ayah Bapak Susilo dari Singapura mengunjungi keluarga tersebut dan melihat kesulitan mereka, dia memberikan kepada Bapak Susilo modal, pelatihan dan kesempatan untuk membeli hasil laut untuk dikirim ke Singapura dengan transportasi udara, sehingga awal usahanya karier.

Pak Susilo mempekerjakan 5 orang pekerja yang akan menunggunya di pelabuhan Surabaya setiap malam untuk membeli ikan dari Nelayan dan dia akan berkendara selama 2 jam untuk mengirimkan ikan ke gudang yang telah disewa. Sesampainya di gudang, dia akan membantu para pekerja untuk menimbang, mencuci dan mengemas ikan, serta mengantarkan produk ke bandara pada jam 5 pagi sebelum penerbangan jam 7 pagi berangkat ke Jakarta dan ke tujuan akhir Singapura. Bapak Susilo melakukan pekerjaan yang membosankan ini selama lebih dari 2 tahun, tidur pada saat orang bangun dan bekerja pada saat orang sedang tidur. Terlepas dari tantangan yang dia hadapi, dia tidak pernah mengeluh kepada keluarganya.

Pada tahun 1968, “Karena Indonesia sedang mengalami kesulitan keuangan dan mengadopsi perdagangan internasional yang relatif terbuka dan kebijakan keuangan”, kenang Susilo. Delegasi perdagangan dari Jepang diundang mengunjungi Kota Surabaya untuk menjajaki peluang bisnis. Seorang pengusaha bernama Mr Kikuchi dari Toyo Menka Company yang merupakan bagian dari delegasi perdagangan Jepang untuk Indonesia pernah melihat pengiriman hasil laut dari Mr Susilo di bandara. Mr Kikuchi mencatat rincian kontak dari kotak pengiriman dan menghubungi Mr Susilo. Ia mengundang Pak Susilo menjadi agen Toyo Menka, membeli udang di seluruh Indonesia dan mengantarkannya ke Jakarta. Kerja sama ini secara substansial meningkatkan volume bisnis dan keuntungan Bapak Susilo, dan dengan demikian merupakan awal dari terjunnya Bapak Susilo ke dalam bisnis dan kemitraan internasional.

Photo : Bagian bisnis yang panjang dan teman-teman: Harry Susilo dengan Tuan Kikuchi (kanan) dari Tokyo Menka Company. Mr Kikuchi adalah dermawan tepat waktu untuk Harry ketika dia pertama kali memulai bisnisnya.

Mimpikan.

Harry Susilo Private Limited berganti nama menjadi Sekar Private Ltd. pada tahun 1968. Pada tahun 1971, Toyo Menka mengusulkan suntikan modal ke Sekar Private Ltd. untuk membantu Tuan Susilo membangun fasilitas rantai dingin di Indonesia yang nantinya akan dimiliki oleh Tuan Susilo setelah 5 tahun. Bapak Susilo tidak yakin dengan kemampuan keluarganya yang rendah hati untuk menanggung potensi risiko yang terkait dengan lamaran tersebut, sehingga ia tidak segera menerima lamaran tersebut. Bapak Kikuchi terkesan dengan kejujuran dan ketulusan Bapak Susilo. Setelah satu tahun dorongan dan dukungan, Toyo Menka mengirim pengacara untuk mengunjungi Bapak Susilo dan menawarkan pinjaman cicilan sebagai gantinya dengan Toyo Menka sebagai penjamin. Pengacara juga diinstruksikan untuk menawarkan kepada Susilo komisi dan bonus atas kerja kerasnya jika dia mencapai pencapaian tertentu. Dengan semua kekhawatirannya terhalau oleh persuasi dan persyaratan pinjaman yang menguntungkan, Bapak Susilo menandatangani perjanjian tersebut. Bulan berikutnya, kedua perusahaan memutuskan membentuk PT Sekar Bumi Tbk untuk membangun fasilitas Cold Storage. Sebagai hasil kerja sama dengan Toyo Menka, Bapak Susilo mempelajari konsep manajemen dan operasi tingkat lanjut.

Bangun.

Pada 1980-an, Sekar Private Ltd. memelopori kemajuan teknologi Pembuatan Kerupuk Udang dan menjadi pemasok Kerupuk Udang yang diproses sebagian untuk Perusahaan Marubeni Jepang. Untuk memenuhi selera dan permintaan konsumen yang terus meningkat, Sekar Private Ltd. harus meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk. Untuk memenuhi standar canggih konsumen di negara maju, Susilo memperkenalkan peralatan dan fasilitas pemrosesan canggih dari luar negeri serta merekrut dan melatih karyawan di bidang penelitian produk, produksi, inspeksi, dan kontrol kualitas, oleh karena itu Sekar Private Ltd. membangun Dry Perusahaan pengolahan makanan yang kemudian dikenal sebagai PT Sekar Laut Tbk yang go public pada tahun 1993, mendirikan merek ternama yang dikenal di Indonesia dan secara global sebagai “Finna” dinamai sesuai nama putri sulung Susilo. Karena Sekar Private Ltd. terus berkembang menjadi Grup Sekar pada awal 1990-an, membentuk anak perusahaan di bawah PT Sekar Laut Tbk yang dikenal sebagai PT Pangan Lestari yang mengoperasikan gudang dan logistik yang akan menjual dan mendistribusikan produk Grup Sekar serta “Finna Merek di seluruh Indonesia.

Tumbuhkan.

Dengan keberhasilannya pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, Grup Sekar memasuki tahap ekspansi yang cepat dengan strategi investasi yang terdiversifikasi. Di bawah merek Finna, telah mengembangkan ratusan produk di Komoditas Pertanian, Komoditas Hasil Laut, dan Pengolahan Makanan Bernilai Tambah. Sebagai Produsen Makanan, Grup Sekar selalu bangga menggunakan bahan baku alami dan sehat untuk memastikan produk dengan kualitas terbaik dengan bekerja sama dengan komunitas koperasi petani kami untuk memastikan pasokan bahan baku yang berkelanjutan dan pengembangan masyarakat. Selain itu, Grup Sekar banyak berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, pengenalan teknologi baru untuk meningkatkan proses produksi dan inovasi. Melalui kemitraannya dengan perusahaan multinasional, Grup Sekar telah mengembangkan jaringan ke pasar global. Selain menjadi Produsen Makanan, Grup memiliki investasi di berbagai sektor, seperti Pakan dan Pembibitan, Perkebunan Pertanian, Budidaya Perairan, Real Estat dan Pariwisata, Perawatan Kesehatan, dan Pertambangan.

Sekar Group’s Head Office

Jl. Raya Darmo No.23-25, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur 60265, Indonesia

PT Sekar Bumi Tbk

Jl. Jend Sudirman Sudirman Kav 59, Plaza Asia 21st Floor Jakarta Selatan, 12190, Indonesia

PT Sekar Laut Tbk

Jl. Jendral Sudirman, Sudirman 7.8 11th-02 Floor, Jakarta Pusat, Jakarta 10220, Indonesia

PT Ifishdeco Tbk

Jl. Jendral Sudirman Kav. 7-8, Wisma Nugra Santana 8th Floor, Jakarta Pusat, Jakarta 10220, Indonesia

Copyright © 2021 Sekar Group Indonesia. All Rights Reserved.